PROFIL

Program Studi (prodi) Ilmu Komunikasi merupakan salah satu program studi yang menjadi bagian dari FISIP Universitas Tidar. Terbentuk pada tahun 2017 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 122/KPT/I/2017. Saat ini, prodi Ilmu Komunikasi berada dalam naungan FISIP yang berfokus kepada kajian media dan kehumasan yang di dalamnya juga melingkupi berbagai aspek sosial, politik, kebudayaan dan juga pendidikan yang sejalan dengan dinamika global.

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Tidar berjenjang Strata 1 yang menonjolkan pembelajaran berbasis riset dan kewirausahaan dengan keahlian studi media dan kehumasan. Program Studi S1 Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Tidar termotivasi untuk meluluskan generasi berbeda yang memiliki daya saing ditingkat regional, nasional ataupun global. Generasi yang disiapkan dengan program pendidikan terpadu melalui riset dan kewirausahaan untuk menjadi unggul dalam ilmu komunikasi baik itu media maupun kehumusan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja  yang dinamis serta mewujudkan inovasinya dan berani mengambil resiko untuk meraih masa depan yang gemilang dengan menjunjung tinggi etika dan ahklak mulia.

VISI, MISI & TUJUAN

VISI

Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi berbasis riset dan kewirausahaan, berfokus pada pengembangan masyarakat lokal yanng bersinergi dengan dinamika global pada tahun 2027

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan serta pengembangan keilmuan di bidang ilmu komunikasi dalam lingkup teoritis dan praktis.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang komunikasi secara komprehensif dan berkualitas yang dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara.
  3. Melakukan pengabdian dan mengembangkan potensi masyarakat dengan memanfaatkan kompetensi ilmu komunikasi dan wawasan kewirausahaan untuk pemberdayaan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dengan industri komunikasi dan institusi pendidikan lain dalam penelitian, dan pengembangan ilmu.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan ilmu komunikasi secara teoritis dan praktis serta mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan IPTEK.
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan berguna bagi peningkatkan standar hidup masyarakat.
  3. Meningkatkan peran program studi melalui pengabdian masyarakat dan kewirausahaan dengan melakukan pengkajian dan pengembangan potensi masyarakat lokal secara berkelanjutan.
  4. Menghasilkan kerjasama strategis dengan stakeholders dalam pengembangan keilmuan di bidang komunikasi.

PROFIL LULUSAN

Praktisi Media

Lulusan Program Sarjana S1 Ilmu Komunikasi mampu beradaptasi dan bekerja di lingkungan media televisi, radio, cetak, online dan konvergensi. Implemantasinya berupa reporter, kameramen, fotografer, videographerbroadcaster, dan news anchor.

Praktisi Komunikasi Strategis

Lulusan Program Sarjana S1 Ilmu Komunikasi menghasilkan lulusan yang siap kerja di bidang Corporate Communication ( Public Relations, corporate social responsibility, communication consultant dan brand consultant) dan  Marketing Communications (industry branding) dengan memanfaatkan teknologi media komunikasi

Enterpreneur

Lulusan Program Sarjana S1 Ilmu Komunikasi memiliki semangat kewirausahaan sehingga mampu mengembangkan bisnis konten untuk memenuhi kebutuhan industri media dan korporasi terhadap konten-konten multimedia (Multimedia Content Producers).